Sastra Inggris Universitas Diponegoro

Ok, kalau kemarin saya sudah membahas tentag FIB, sekarang waktunya saya untuk membahas entang jurusan-jurusan yang ada di FIB. Tentu saja disini saya tidak akan membahasnya secara eksplisit karena mungkin pembahasan yang akan saya lukan disini lebih berpola subjektif,karena hanya berdasarkan pandangan saya sendiri tanpa didukung oleh fakta-fakta yang jelas dan hanya berdasarkan apa yang selama ini saya lihat dan saya alami.

Untuk pembahasan jurusan yang pertama ini saya akan membahas tentang jurusan saya sendiri yaitu, Sastra Inggris. Kebanyakan orang menilai bahwa jurusan Sastra Inggris ini hanya berkecimpung di dalam bidang yang berhubungan dengan kebahasaan. Itu salah, karena di dalam jurusan ini lebih menekankan aspek sosiolinguistik, atau dalam bahasa yanglebih mudah ”penerapan bahasa dalam tempat dan waktu yang tepat”. Mungkin ada orang orang yang berpendapat bahwa untuk masuk ke jurusan yang satu ini harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan level yang tinggi atau “GOD LEVEL ENGLISH”. Tidak, kalia tidak perlu memiliki kemampuan yang tinggi bila ingin masuk ke dalam jurusan ini, yang kalian perlukan adalah dasar-dasar bahasa Inggris yang sudah kalian pelajari di jenjang SMP dan SMA. DI jurusan ini semuanya dimulai dari nol. Mulai dari membaca, menulis, mendengarkan hingga tata bahasa, semuanya dimulai dari awal lagi dan bahkan ketika saya pertama kali masuk ke jurusan ini saya merasa ditarik kembali pada pelajaran bahasa Inggris ketika saya di SMP.

Untuk kalian yang suka mempelajari bahasa lain selain bahasa Inggris di jurusan ini juga ada beberapa mata kuliah bahasa pilihan yang bisa di ambil. Untuk Sastra Inggris UNDIP sendiri memberikan tiga pilihan bahasa asing untuk dipelajari, yaitu Bahasa Jepang, Bahasa Korea dan Bahasa Perancis. Lalu untuk apa kita mempelajari bahasa-bahasa tersebut? Sebagaimana yang diutarakan oleh dosen saya, “semakin banyak bahasa yang kalian kuasai semakin tinggi juga nilai jual kalian di pasar kerja”. Jadi jangan diambil pusing tentang dunia kerja kedepannya, orang yang pandai berbicara akan memiliki peluang kerja yang lebih besar, ditambah lagi dengan semakin terbukanya persaingan kerja antara berbagai negara, yang paling penting adalah bisa berbahasa Inggris karena bahasa Inggris adalah bahasa universal atau dalam bahasa yang lebih mudah, “bahasa persatuan dunia”.

Selain itu, jurusan ini juga menawarkan tiga mata kuliah lanjutan yang bisa diambil untuk mempertajam pengetahuan. Diantaranya adalah :

1.       Linguistik
Linguistik adalah ilmu yang mempelajari bahasa secara spesifik. Apa itu kata, bagaimana bunyi bisa dimaknai sebagai bahasa dan apa saja organ tubuh yang berhubungan dengan pengucapan suatu bahasa. Ilmu linguistik ini sangat penting untuk dipelajari karena jika kita bisa mengerti tujuan sebenarnya dari bahasa yang diciptakan oleh Tuhan, kita akan bisa menggukannya demi kepentingan semua umat manusia yang ada di dunia ini.

2.       American Cultural Studies
American Cultural Studies atau biasa disingkat Amstud ini adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan Amerika Serikat. Bagaimana negara ini dibentuk, sejarah penemuan benua Amerika hingga budaya pop modern yang ada hingga sarana transportasinya dibahas dalam mata kuliah yang satu ini. Tujuan sebenarnya dari mata kuliah ini menurut saya adalah, bagaimana kita mempelajari apa yang terjadi di Amerika Serikat dan membandingkannya dengan yang terjadi di Indonesia sehingga kita bisa tahu kenapa negara ini jauh tertinggal dibandingkan negara-egara lain yang ada di dunia. Selain itu kita juga bisa mengaplikasikan semua hal positif yang ada di Amerika Serikat untuk membuat negara kita ini menjadi lebih baik.

3.       English Literature
Nah, mata kuliah yang satu ini sangat cocok buat kalian yang suka membaca novel dan menulis essay, karena di jurusan ini kalian akan disuruh untuk membaca novel-novel dalam bahasa Inggris. Mata kuliah ini khusus untuk mempelajari sastra secara spesifik. Mulai dari novel, esay, puisi dan hal lainnya yang berhubungan dengan sastra. Bisa dibilang ini adalah mata kuliah yang enjoyable karena setiap tuga yang diberikan dalam mata kuliah yang satu ini seringkali meminta mahasiswa untuk membaca novel. Darimana saya tahu? Itu dari senior saya yang sudah masuk di sesi peminatan.


Masih bingung mau masuk jurusan apa? Tungu referensi berikutnya. Stay tune on Never Stop Learning. Jangan berhenti belajar untuk menggapai masa depan yang cerah.

Post a Comment

0 Comments