10 Tips buat kamu yang pengen nulis

Banyak orang yang kebingungan gimana caranya nulis yang baik dan benar, bener ape kagak? Gue tau lo juga sering bingung kan kalo disuruh nulis sama guru atau dosen lo. Nah, pada dasarnya nulis itu gampang, gampang banget malahan, syaratnya cuma satu, lo apal huruf A sampai Z dan gue yakin lo udah bisa nulis. Nah, yang sulit itu nyari ide buat nulis, kadang orang kebingungan mau nulis apa sampe nyari kesana-sini, dari blog satu ke blog yang laen cuma buat nyari referensi tulisan, yang sebenernya menurut gue justru makin ngebuat gue bingung. Nah, sekarang di tulisan kali ini, gue mau nyoba ngasih tips buat kalian yang pengen  nulis tapi susah nyari ide, lanjut baca yak.

1.Jangan banyak mikir
Banyak mikir malah akan bikin lo semakin susah buat nulis. Kenapa? Alesannya sederhana, kalo lo mikir terus, kapan nulisnya bangke? Yang lo butuhin tu nulis bukan mikir, lo cuman perlu mengkombinasikan tangan lo sama apa yang ada di logika lo. Dengan kata lain, tulis apa yang ada diluar otak lo, jangan main pikiran, ntar kalo kebanyakan mikir malah stress lo.

2.Jangan banyak-banyak nyari referensi
Semakin banyak referensi yang lo cari, semakin pusing pala lo karena setiap referensi pasti menyatakan hal yang beda dan cenderung kontras. Oke dah cari referensi, tapi yang nyambung sama apa yang mau lo tulis. Nulis tu tergantung ide yang ada di otak lo, referensi Cuma buat ngejelasin aja apa yangmau lo tulis. Jangan cari banyak-banyak, ntar pusing pala lo.

3.Usahain nulis di suasana yang kondusif
Yang gue maksud kondusif disini bukan berarti harus tenang, yang penting nyamannya lo aja dah. Suasana kondusif ini penting biar lo kagak keganggu pas nulisnya, biarotak lo nyaman pas lo nyoba nulis. Kondisikan senyaman mungkin biar tulisan lo jadi tulisan yang efektif.

4.Cari ide yang sederhana
Gue udah bilang diatas kalo referensi Cuma buat ngejelasin apa yang mau lo tulis dan apa yang mau lo tulis pasti berasal dari ide. Nah, kalo lo mau nyari ide jangan yang susah-susah ntar tulisan lo kagak jadi dan lo malah stress. Lihat aja yang ada di sekeliling lo atau mungkin kenangan lo yang ada dimasa lalu atau cita-cita lo kedepannya.

5.Jangan dengerin saran orang lain
Lo yang mau nulis, kenapa lo mesti dengerin kata orang lain? Suka-suka lo aja dah, yang pentingkagak menyinggung orang lain. Ok, lo boleh dengerin orang lain tapi dengan syarat jangan sampe pikiran orang itu mengganggu jalan pikiran lo sendiri. Kan elo yang mau nulis, ntar kalo kebanyakan nerima saran jadinya bisa-bisa pikirannya dia yang lo tulis.

6.Percaya diri
PD tu penting bos, kalo lo gak pd gak usah nulis karena tulisan lo bakal jadi brand lo. Kalo lo gak pd sama tulisan lo sendiri itu artinya lo belom ngakuin kalo lo itu ada. So, be brave.

7.Jadi diri sendiri
Jangan pernah nyoba jadi orang lain kalo mau nulis. Itu tulisan elo, elo yang nulis dan itu bakal jadi brand elo juga. Akui kalo lo itu ada, lo itu eksis. Bayangin kalo lo itu penulis profesional, gue yakin tulisan lopasti jadi.

8.Ikuti naluri dan insting
Padahal udah dijelasin kan manusia adalah makhluk yang paling sempurna karena dia memiliki kemampuan berpikir, tapi buat gue pikiran yang kita miliki itu harusnya digunakan untuk mengontrol naluri dan insting yang kita miliki. Jadi kalo lo mau nulis pake pikiran lo buat ngiring naluri sama insting lo biar jadi tulisan yang baik dan benar. Kagak kaya gini.

9.Jangan pedulikan hasil
Kenapa gue bilang gitu? Karena tulisan kita pasti dipublish, lahh kalo udah dipublish ngapain kita peduliin, ntar juga ada yang ngasih kritik sama saran. Iya gak? Yang penting tu prosesnya karena gue yakin proses yang baik akan menghsilkan hasil yang baik juga.

10. Koreksi tulisan
Nah, ini bagian yang penting. Kan kadang kita merasa kita gak pernah salah dalam hal apapun. Hal itu juga berlaku buat tulisan, bisa jadi lo typo mungkin. Biar tulisan lo tepat guna jangan lupa buat dikoreksi.


Ok, itu aja yang bisa gue jadiin tips buat lo biar bisa nulis. Sebenernya tadi gue bingung juga mau nulis apaan. Gue udah nyari referensi kesana-sini masih aja bingung. Gue nanya ke temen gue juga sama saja kagak sesuai sama pikiran gue. Akhirnya gue bikin dah ni tulisan, sebenernya ini cuman solusi dari kesulitan gue buat nulis tapi hasilnya keren juga sih. Ok, untuk penutup gue mau ngasih quote nih biar keren, “jangan pernah memikirkan kesulitan yang kita miliki, tapi pikirkanlah bagaimana caranya kita keluar dari kesulitan yang kita miliki.” Lo pernah denger quote itu? Bodo amat yang penting gue yang nulis.

Post a Comment

0 Comments