Kesulitan saya sebagai blogger

Menjadi seorang blogger ternyata tak semudah yang saya bayangkan selama ini. Selama ini saya melihat banyak sekali blogger yang begitu hebat dalam menyusun blognya sehingga terkesan sangat rapi dan nyaman untuk dilihat. Saya mencoba untuk melakukan hal yangserupa namun yang saya dapati adalah kesulitan dalam mengatur segala hal yang berkaitan di dalamnya. Dulu saya berpikir blogging hanyalah membuat postingan dan menyebarkannya di internet.Namun ternyata saya salah, ada banyak aspk yang mempengaruhi keberhasilan seorang blogger dalam menerbitkan blognya sehingga mendapatbanyak perhatian dari netizen semuanya.

Dimulai dari mengatur template. Dalam dunia blogger, template adalah salah satu faktor yang sangat menentukan, tidak sembarang template dapat digunakan dalam blog. Faktor kenyamanan pengunjung ditentukan dari template ini, pengunjung bisa menilai mana blog yang berkualitas dan mana yang tidak dari templatenya. Belum lagi bila kita bicara mengenai SEO atau Search Engine Optimazion yang hampir membuat saya gila karenanya. Banyak hal ternyata yang harus dipikirkan dalam penentuan template ini. Postingan berada di kiri, lampiran di kanan, pengaturan HTML agar postingan bisa masuk Search Engine belum lagi pembuatan Drop Down Menu yang menyesuaikan templatenya dan banyak hal lain mengenai template ini yang terkadang membuat saya merasa lelah dalam blogging.

Selain template hal lain yang memusingkan adalah pengaturan webmaster yang kadang membuat saya merasa jengkel. Ada banyak hal yang harus diperhatikan di webmaster tapi sebelumnya perlu diketahui bahwa webmaster adalah alat yang digunakan agar website atau blog kita dapat diakses melalui search engine. Ada banyak aspek dalam webmaster ini yang seperti saya katakan diatas menjengkelkan. Misalkan saja, Crawl error yang membuat situs kita tidak dapat ditemukan oleh mesin telusur. Selain crawl error ada juga hal lain yang menyebalkan tentang webmaster ini, misalkan saja jumlah indeks yang begitu sedikit padahal saya sudah submit banyak url dan lain sebagainya.

Postingan. Postingan kadang juga menjadi hal yang menjengkelkan bagi seorang blogger. Posting yang kemungkinan masuk dalam search engine adalah postingan dengan standar SEO. Hal ini yang kadang membuat postingan sulit masuk ke mesin telusur. Penempatan kata kunci, pemberian label hingga inspirasi ang kadang tidak ditemui dalam diri seorang blogger.

Memang blogging tidak pernah semudah kelihatannya, tapi kenapa saya masih menggeluti hobi yang satu ini meskipun tidak terlalu menghasilkan? Semua karena tekad, tead saya untuk menjadi seorang blogger professional. Karena saya yakin setiap hal yang digeluti dengan serius akan menghasilkan hal yang biak juga bagi orang yang menggelutinya. So, keep blogging, see the world from the other side.


Thanks.

Post a Comment

0 Comments