Collective Blogging : Jalan kesuksesan "Blogger Amatir"

Seorang blogger amatir layaknya saya tentu akan mengalami kesulitan dalam memaksimalkan peluang yang ada pada blog. Pada awalnya, saya berpikir bahwa saya bisa menangani segala yang ada di dunia blog dengan tangan saya sendiri, tapi ternyata saya salah. Seorang blogger amatir seperti saya yang tidak memahami apa itu SEO (Search Engine Optimation), tidak memahami dasar dari HTML dan tidak tahu cara menulis suatu post yang berkualitas tentu membutuhkan orang yang benar-benar paham tentang hal-hal yang berhubungan dengan blog. Dengan alasan itulah saya mengajak dua orang teman yang cukup paham dunia blogging untuk mengembangkan suatu sistem baru dalam dunia blogging yang seringkali kami sebut dengan “collective blogging”.

Latar belakang

Alasan dibalik pemberian nama blog ini, “Never Stop Learning” adalah karena saya ingin terus berkarya dalam dunia blogging. Tidak peduili apa hasil yang bisa saya raih, saya akan terus belajar dan berjalan dalam bidang ini dan mencoba meraih kesuksesan bersama dengan blog ini. Saya yang dulunya hanya seorang blogger amatir dengan traffic yang tidak pernah lebih dari 20 per hari harus selalu belajar dan berusaha untuk membesarkan blog ini hingga pada akhirnya bisa masuk jajaran besar blog di Indonesia.

Teman saya yang bernama Aqwia Syaifudin dulunya adalah seorang blogger tingkat menengah, traffic rata-rata yang dia hasilkan per harinya bisa mencapai ratusan dan bahkan pos-pos yang telah dia publish hampir semuanya mencapai ribuan penayangan. Tapi dia mau mengulang kembali semuanya dari nol dan membantu saya mengembangkan sistem baru ini yang saya telah sebut diatas “collective blogging” dan karena alasan itulah URL blog ini ditulis “dari-enol.blogspot.com”. Dia mencoba mengulangi semuanya dari nol dan bahkan dia sudah menghapus blog lamanya yang jumlah trafficnya yang menurut saya (seorang blogger amatir) sudah luar biasa besar. Untuk itulah saya mengapresiasi usahanya yang luar biasa.

Sementara teman saya yang satunya lagi, Novian Riya Anggara adalah seorang yang bisa dibilang memiliki pola pemikiran yang mirip dengan saya. Sehingga saya merasa nyaman untuk bekerja sama dengannya. Dia sudah memfasilitasi pengembangan blog ini dengan menyediakan sebuah laptop dan modem. Entah apa yang akan terjadi jika dia tidak ada disini, mungkin blog ini tidak pernah ada. Walaupun dia memang jarang membuat pos tapi usahanya memfasilitasi pembuatan blog ini akan terus saya apresiasi.

Tujuan

Tujuan dari dibentuknya blog ini pada awalnya adalah untuk mencari penghasilan alternatif karena kami bertiga adalah mahasiswa yang hidup jauh dari orang tua, tentu kami tidak bisa terus menggantungkan hidup kami pada mereka. Jasa orang tua kami yang mampu menguliahkan kami walaupun dengan segala keterbatasan finansial yang ada akan terus memicu kami untuk berkarya dalam dunia blogging ini.

Kami bertiga memiliki tujuan yang sama yaitu mengekspos segala pemikiran kami dan menyebarkannya ke seluruh penjuru dunia. Kami sadar bahwa blog yang baik adalah blog yang bertema spesifik dan itulah target kami berikutnya. Membuat tema yang spesifik bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan pada blog ini mengingat kami bertiga datang dari latar belakang yang berbeda walaupun kami kuliah universitas yang sama, Universitas Diponegoro. Saya berasal dari jurusan Sastra Inggris, sementara Novian Riya Anggara berasal dari jurusan Sastra Indonesia sedangkan Aqwia Syaifudin berasal dari jurusan Teknik Geologi. Hal itu membuat kami sulit untuk menyimpulkan tema spesifik pada blog ini karena latar belakang yang berbeda tentu memiliki pola pemikiran yang berbeda juga. Meskipun demikian tujuan kami dalam perintisan blog ini adalah sama, meringankan beban orang tua dalam membiayai pendidikan kami.

Pembagian tugas

Walaupun saya dulunya hanyalah seorang blogger amatir, saya memiliki tugas untuk menjadi penulis utama dalam blog ini karena memang saya selalu memiliki pemikiran yang dapat dikatakan anti-mainstream dalam segala bidang. Meskipun demikian, dua teman saya yang lainnya juga masih sering membuat pos-pos di dalam blog ini. Saya dengan segala kelebihan dan kekurangan yang saya miliki tentu akan berusaha semaksimal mungkin untuk membesarkan nama dari blog ini. Selain sebagai penulis utama, saya juga bertugas untuk memasarkan pos-pos yang sudah kami tulis. Sosial bookmarking menjadi tugas kedua saya dalam membesarkan nama blog ini.

Aqwia Syaifudin, seperti yang sudah saya jelaskan diatas, dia adalah blogger tingkat menengah. Dia memiliki pengetahuan yang cukup memadai mengenai HTML dan juga pedoman webmaster. Dialah yang akan menjadi kunci keberhasilan blog ini. Bisa dibilang dialah leader dalam collective blogging ini. Saya tidak habis pikir jika saya tidak pernah mengenalnya, mungkin saya hanya akan menjadi seorang blogger amatiran yang tidak akan dikenal oleh siapapun.

Sementara Novian Riya Anggara didaulat sebagai penyedia sarana blogging, mulai dari laptop, modem hingga kamar kosnya dijadikan sebagai basecamp dari collective blogging yang kami jalankan. Dengan latar belakangnya yang seorang mahasiswa sastra, saya yakin dia akan bisa menulis pos yang berkualitas dan karena itulah saya percaya pada kemampuannya. Dia yang membuat saya berpikir tentang collective blogging ini.

Rencana kedepan

Kami bertiga sudah memiliki berbagai rencana untuk melanjutkan perjalanan kami menuju kesuksesan sebagai blogger, kami sudah mengejawantahkan berbagai ide untuk dijalankan di masa depan. Mulai dari mebuka Youtube Channel hingga mendirikan perusahaan kami sendiri. Semua itu kami lakukan karena kami yakin, seorang sarjana diciptakan bukan untuk bekerja melainkan untuk membuka lapangan kerja. Sebuah impian yang berlebihan jika dilihat dari kacamata orang yang berpikiran rasional di Indonesia, tapi kami punya prinsip yang sama kuat, “Kami berjalan di jalan kami dan menganggap semua kritik yang datang pada diri kami sebagai pemicu untuk menjadi lebih baik lagi.” Kami adalah yang mengatur diri kami dan yang menentukan masa depan kami.

Kami adalah kumpulan orang berprinsip yang tidak mudah goyah. Blogger yang memulai semuanya dari nol dan kami akan terus belajar hingga kami mendapatkan apa yang kami inginkan. Kami adalah sekumpulan blogger amatiran yang masih membutuhkan berbagai saran untuk terus mengembangkan diri kami, jadi mohon untuk yang lebih berpengalaman untuk memberikan saran pada kami.



Post a Comment

0 Comments